dwijautama

Membangun Karakter Bangsa

Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bab I

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Berisi 4 hal :
1. Kenyataan ( sebaaig kondisi awal)

  • Deskripsi riil di kelas, yaitu rendahnya nilai hasil belajar mapel …
  • Dilengkapi dengan indikator rendahnya nilai hasil belajar siswa, yaitu nilai rata-rata pretes atau UH (ulangan harian). Pretes sebagai  kondisi awal jika PTK dilaksanakan di awal tahun pelajaran (sebab belum  ada UH)
2. Harapan ( sebagai kondisi akhir )

  • Harapan : nilai hasil belajar siswa tinggi
  • Minimal sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
3.  Kesenjangan antara kenyataan dan harapan

  • Penegasan tentang adanya kesenjangan antara kondisi riil dengan harapan.
  • Kondisi riil : masih rendahnya nilai hasil belajar ….
  • Harapan : nilai hasil belajar minimal sama dengan KKM
4. Perlu solusi

  • Hanya berisi : perlunya dicarikan solusi sehubungan dengan adanya kesenjangan.
  • Solusinya adalah : guru kelas mengadakan PTK.
Perhatian ! Jangan menulis judul PTK pada bagian ini. Judul PTK ditulis pada  Subbab ‘C: Pembatasan Masalah’, karena  menentukan judul harus  didahului dengan  pembatasan ‘X’ dan ‘Y.
B. Identifikasi Masalah
Berupa sejumlah pertanyaan dari hal anyg umum ke hal yang spesifik (kurikulum. tujuan kurikuler, materi, pendekatan, strategi, metode, teknik, media-alat peraga, penilaian)
  • Dimulai dari mana saja boleh,lompat boleh,asal arahnya ke belakang.
  • Pertanyaan tersebut ti dak perlu dijawab
  • Pertanyaan terakhir: mengarah kepada  ‘X’.
Urutan pertanyaan identifikasi masalah adalah sebagai berikut :

C. Pembatasan Masalah
Ada 2 hal yang dibatasi : ‘X’ dan ‘Y’, Variabel : tidak semua variabel, hanya “Y” dan “X”.
  • Variabel “Y”: materi pelajaran, PTK ini mengambil materi pel. … bagi siswa kelas … SD …pada semester  …tahun pelajaran …. Tulis pula jumlah  siswanya.
  • Variabel “X” : alat peraga, sebutkan alat peraganya.

Berdasarkan “Y” dan “X” tsb maka PTK ini diberi judul …

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang  masalah, identifikasi masalah, dan pembatasan masalah sebagimana tersebut  di atas maka dibuatlah rumusan masalah dalam PTK ini sbb : “Apakah melalui penggunaan alat peraga … dapat meningkatkan hasil belajar  … bagi siswa kelas  …SD … UPK … pada semester  … tahun pelajaran. …
E. Tujuan Penelitian
Ada 2 tujuan : umum dan khusus
  • Tujuan  Umum : PTK ini bertujuan meningkatkan hasil belajar  … melalui penggunaan alat peraga.
  • Tujuan Khusus : ptk ini bertujuan meningkatkan hasil belajar … melalui penggunaan alat peraga … bagi siswa kelas …SD … UPK … pada semester  … tahun pelajaran …
F. Manfaat Penelitian

Manfaat bagi pemangku kepentingan proses pembelajaran: siswa, guru, sekolah, petugas perpustakaan sekolah

  • Manfaat bagi siswa: ….
  • Manfaat bagi guru: ….
  • Manfaat bagi  sekolah: ….
  • Manfaat bagi petugas perpustakaan sekolah: ….
Bagi anda yang membutuhkan contoh PTK, silahkan unduh di sini.

September 20, 2011 - Posted by | Agenda Kegiatan | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: