dwijautama

Membangun Karakter Bangsa

Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bab IV

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Deskripsi Kondisi Awal
  • Sama dg kondisi riil pada  BAB I, A.Latar Belakang (lebih terinci, ada tabel, ada diagram batang)
  • Lebih terinci tentang  : pretes atau UH :+materinya , nilai tertinggi, terendah,dan rata-rata tiap ulangan harian.
  • Tabel : nilai UH tersebut di atas
  • Diagram batang : nilai UH tersebut di atas
  • Tambahkan : guru belum maksimal dalam proses belajar mengajar karena banyak tugas sampingan.
B. Deskripsi Siklus I
1.Perencanaan Tindakan
  • a.Apersepsi
  • b.Inti
  • c.Penutup
Catatan : (a, b, dan c : sama dengan  perencanaan pada BAB III; G. Prosedur Penelitian)
2. Pelaksanaan Tindakan

  • a.Apersepsi
  • b.Inti
  • c.Penutup
(a, b, dan c : sangat terinci, betul-betul sesuai dengan  tindakan guru peneliti dari awal sampai dengan akhir siklus)
3. Hasil Pengamatan

  • Deskripsikan : (a) kapan dan bagaimana tes akhir siklusnya; (b) nilai HB yang diperoleh siswa dicari nilai tertinggi, terendah, dan nilai rata-ratanya;  tulis rumus cari rata-ratanya; sajikan tabel rentang nilai; tabel frekuensi nilai akhir siklus
  • Laporan apa adanya,( belum disimpulkan dan belum  direfleksi).
4. Refleksi

  • Berisi deskripsi komparatif antara nilai HB kondisi awal dengan nilai HB kondisi akhir siklus I. Berilah penjelasannya mengapa demikian.
  • Ceritakan plus minusnya penggunaan alat peraga  secara kelompok.
C. Deskripsi Siklus II
  • Sama dengan siklus I; bedanya pada refleksi :
  • Refleksi siklus II : deskriptif komparatif antara nilai HB siklus I dengan  nilai HB siklus II. Beri penjelasannya mengapa demikian.
  • Ceritakan keunggulan penggunaan AP scr individual.
D. Pembahasan Antar Siklus
Garis Besar isi
  • Berisi deskripsi komparatif antara : 1.Kondisi awal dg kondisi akhir siklus I; 2.Kondisi akhir siklus I dg kondisi akhir siklus II
  • Ceritakan : ada peningkatan HB atau tidak.
  • 1.Bila ada peningkatan HB siswa berarti hipotesis teruji/terbukti. Tindakan guru peneliti.selesai, lanjutkan dengan menyusun laporan PTK.
  • 2.Bila tidak ada peningkatan HB siswa berarti hipotesis tidak teruji/tidak terbukti. Tindakan guru penelitian dilanjutkan dengan tindakan pada siklus III.
Tulisanya :
  • 1. Tindakan: tulislah tindakan guru peneliti pada  kondisi awal, siklus I, dan siklus II, buat tabelnya. Beri plus minus tentang  ketiganya serta akibat yang ditimbulkannya.
  • 2. Hasil Pengamatan: deskripsi hasil dari tindakan guru peneliti dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II; buat tabel nilai rata-ratanya; buat diagramnya;
  • 3. Refleksi: ceritakan peningkatan nilai HB siswa; berapa poin dan berapa prosentase peningkatannya.
E.Kesimpulan Hasil Penelitan

Langsung ditulis sbb:

Menurut data empirik ptk sbgmn tertulis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan alat peraga … dapat meningkatkan hasil belajar … bagi siswa kelas … SD … pada semester … tahun pelajaran ….

Bagi anda yang membutuhkan contoh PTK silahkan unduh di sini

About these ads

September 20, 2011 - Posted by | Agenda Kegiatan | , , , , ,

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: