dwijautama

Membangun Karakter Bangsa

Proposal Program Bermutu Tahun 2011 Bab I

BAB  I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karana itu, kita seharusnya pendidikan dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di Negara-negara lain.

Tampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan. Hal tersebut menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.

Ada banyak penyebab mengapa mutu pendidikan di Kecamatan Lumbir khususnya di Gugus Dwija Utama dinilai rendah. Penyebab rendahnya mutu pendidikan antara lain : dalam proses pembelajaran para guru belum memanfaatkan ICT sehingga siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru. Dengan Keadaan yang demikian berimbas pada prestasi siswa yang masih rendah. Profesionalitas para guru juga masih harus ditingkatkan agar dapat mendorong kemajuan pendidikan di Kecamatan Lumbir.

Pendidikan dihadapkan dengan berbagai tantangan dimana batasan ruang dan waktu bukan lagi sebagai suatu halangan. Guna mewujudkannya tidak semudah membalikan telapak tangan. Akan tetapi membutuhkan proses berkesinambungan antar peserta didik dan tenaga pendidik dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.

Melalui pemberdayaan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Dwija Utama Unit Pendidikan Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas bertumpu secercah harapan dalam inovasi dunia pendidikan. Karena gambaran sementara dunia pendidikan di Kabupaten Banyumas umumnya dan Unit Pendidikan Kecamatan Lumbir dalam hal ini gugus Dwija Utama masih jauh dari apa yang kita harapkan. Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) masih dalam tahap rintisan di gugus Dwija Utama. Minimnya potensi pendidik dengan latar pendidikan sarjana (S 1) serta sarana dan prasarana perangkat pembelajaran masih mendominasi kegiatan pembelajaran khususnya di gugus Dwija Utama. Dengan kondisi seperti ini sangat berpengaruh pada proses dan hasil pembelajaran sehingga berdampak pada output yang jauh dari apa yang kita harapkan.

Melihat kondisi yang ada pada gugus Dwija Utama ini maka muncul permasalahan,” Bagaimana upaya KKG dalam usaha meningkatkan pendidikan para guru agar mencapai jenjang sarjana (S 1)”.

Bentuk usaha dalam rangka mengatasi sebagaimana permasalahan di atas, para guru sadar serta memiliki komitmen untuk mengaktifkan dan mengefektifkan kegiatan KKG. Pemberdayaan kegiatan lebih ditingkatkan dengan melibatkan tenaga guru dan nara sumber lain yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya. Kegiatan KKG lebih diefektifkan sehingga mampu menjawab permasalahan yang ada.

 KKG merupakan wadah bagi para guru dalam usaha melakukan inovasi pendidikan. Namun pepatah mengatakan,” Jer Basuki Mawa Bea”. Suatu kegiatan memiliki konsekwensi pada pendanaan. Melalui sumber dana yang ada yakni iuran dari masing-masing sekolah, kami mengemas beberapa kegiatan. Akan tetapi,” Jauh Panggang Dari Api”. Pada kenyataannya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk menggelar kegiatan dalam rangka melakukan inovasi pendidikan ini. Kami berharap semoga dari pihak yang berkompeten dalam hal ini pemerintah dapat mengucurkan dana guna mendukung kegiatan yang ada pada kelompok kerja guru gugus Dwija Utama Unit Pendidikan Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, melalui KKG Program BERMUTU (Better Education trought Reformed Management and Universal Teacher Upgrading).

Namun sebagai wujud kinerja pada kegiatan KKG gugus Dwija Utama dan dengan sumber dana yang ada telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Adapun kegiatan tersebut antara lain kegiatan penyusunan Promes dan Silabus, penyusunan AMP dan RMP, penyusunan RPP, penyusunan silabus tematik serta kegiatan bintek PAKEM.

 

B. Tujuan

1. Tujuan Umum

Pemberdayaan kegiatan KKG Program Bermutu Gugus Dwija Utama Unit Pendidikan Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas bertujuan meningkatkan profesionalitas guru melalui pemberdayaan kapasitas KKG. Dengan adanya Program Bermutu diharapkan permasalahan pendidikan yang ada dapat diatasi. Proefsionalitas para guru juga dapat lebih meningkat

2. Tujuan Khusus

Pemberdayaan kegiatan KKG Program Bermutu Gugus Dwija Utama Unit Pendidikan Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas bertujuan :

  • Memberi kesempatan kepada anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta saling memberi bantuan dan umpan balik.
  • Memberdayakan dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  • Meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari hasil belajar peserta didik.
  • Mendorong guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Di dalam kelas tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
  • Membantu guru untuk perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan guru dalam menghadapi proses sertifikasi.

C. Hasil yang Diharapkan

  • Tersedianya kesempatan bagi anggota KKG untuk saling tukar pengalaman dan saling memberi umpan balik.
  • Terwujudnya pemberdayaan anggota KKG dalam pelaksanaan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  • Terwujudnya peningkatan mutu proses belajar mengajar dan mutu pendidikan yang tercermin dari hasil peningkatan peserta didik.
  • Terwujudnya peningkatan perilaku anggota KKG dalam meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan kinerja.Terwujudnya kesempatan anggota KKG untuk memperoleh angka kredit untuk kenaikan dan peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan dalam menghadapi proses sertifikasi.

D. Sasaran

Sasaran Pemberdayaan KKG Program Bermutu di gugus Dwija Utama adalah  semua guru Sekolah Dasar baik itu guru kelas maupun guru mata pelajaran yang belum/sedang mengikuti Program S1, yang sudah lulus S1 tetapi belum mengikuti sertifikasi atau lulusan S1 sudah sertifikasi tetapi untuk kenaikan pangkat yang lebih tinggi. Berikut ini data guru di Gugus Dwija Utama berdasarkan kualifikasi akademik :

No Nama Sekolah Kualifikasi Guru Berdasarkan Pendidikan Keterangan
D2 S1 Jumlah
1 SD Negeri 1 Lumbir 1 7 8  
2 SD Negeri 2 Lumbir 1 6 7  
3 SD Negeri 3 Lumbir 1 6 7  
4 SD Negeri 4 Lumbir 3 5 8  
5 SD Negeri 5 Lumbir 2 4 6  
6 SD Negeri 6 Lumbir 2 5 7  
7 SD Negeri 3 Kd. Gede 3 7 10  
8 SD Negeri 1 Cidora 2 4 6  
9 SD Negeri 3 Cidora 2 4 6  
10 MIM Lumbir 2 7 9  
  Jumlah 19 55 74  

E. Manfaat

1. Bagi Siswa

Dengan adanya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Program BERMUTU, para guru semakin profesional sehingga memberikan peluang bagi siswa untuk mendapat pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan bermutu sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional.

2. Bagi Guru

Dengan adanya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Program BERMUTU, memberikan kesempatan pada para guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam pengelolaan kelas sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional.

3. Bagi Sekolah

Dengan adanya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Program BERMUTU, memiliki guru-guru yang profesional sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan khususnya bagi sekolah yang ditempati sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional.

4. Bagi Kelompok Kerja

Dengan adanya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Program BERMUTU, memiliki peluang untuk memberdayakan guru-guru Sekolah Dasar khususnya di Gugus Dwija Utama terkait dengan berbagai kegiatan sehingga dapat mewujudkan guru-guru yang kompeten, profesional, dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah masing-masing sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional.

5. Bagi Pemerintah Kabupaten Kota dan Dinas Pendidikan

Dengan adanya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Program BERMUTU, memiliki guru-guru yang kompeten, profesional, dan mampu meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional khususnya di Kabupaten Banyumas.

6. Bagi Pemerintah

Dengan adanya Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Program BERMUTU, memiliki guru-guru yang kompeten, profesional, dan mampu meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional.

Enhanced by Zemanta
About these ads

September 18, 2011 - Posted by | Agenda Kegiatan | , , , ,

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: